Kumpulan Tugas Bisnis Internasional

Kumpulan Tugas Bisnis Internasional

Kamis, 15 September 2011

BI (Pengertian Bisnis)

Bisnis adalah serangkaian aktivitas sumber daya manusia, keuangan, pemasaran dan operasi dengan mengelola sumber daya : man, money, material, method, machine, market, informasi dan enterpreneur untuk menghasilkan good dan service dengan tujuan laba, people (untuk kesejahteraan) dan planet (melestarikan lingkungan).
Faktanya :
Unilever adalah suatu bisnis yang di lakukan perusahaan dan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik. Didalamnya terdapat aktivitas seperti :
1. Sumber daya manusia yaitu  terdapat lebih dari 300 karyawan tersebar di seluruh nutrisi, dengan memberikan prioritas pada mereka dalam pengembangan profesionalisme, keseimbangan kehidupan, dan kemampuan mereka untuk berkontribusi pada perusahaan.
2. Pemasaran yaitu contoh selling concept yang artinya perusahaan berasumsi bahwa apabila perusahaan melakukan promosi segencar mungkin maka pasti konsumen akan tertarik untuk membeli, contoh pada tahun 2007 unilever melakukan promosi dengan cara membuat film pendek Dove yang berjudul ‘Evolution’ merupakan salah satu klip yang paling didownload pada YouTube. Video ini menunjukkan seorang wanita yang berubah melalui make-up, pencahayaan dan airbrushing. Film kedua yang berjudul “Onslaught”, menunjukkan seorang perempuan muda yang dibombardir oleh kampanye iklan yang menampilkan gambaran kecantikan yang tidak realistik. Kedua video terus mempromosikan lokakarya kepercayaan diri (self-esteem). Sehingga mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli produk dari unilever .
3. Keuangan memainkan peran dinamis dan merupakan pusat setiap kegiatan usaha - yang melibatkannya dalam sistem keuangan .
4. Operasional yang paling tidak membutuhkan dua komponen, yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai dan cara menyediakan sarana dan prasarana tersebut. Dari dua komponen diatas, hal-hal pokok dalam manajemen operasional dapat dijabarkan menjadi beberapa bidang, yaitu inventarisasi, prosedur, pembelian barang, pengendalian mutu, biaya produksi, produktivitas kerja, jadwal produksi, tenaga kerja, penggunaan fasilitas, dan pemeliharaan peralatan.
Dengan mengelola :
1. Man : Pelaku dalam perusahaan baik pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan . Dalam unilever yang disebut dengan man adalah konsumen, produsen, dan lain lain .
2. Money : Alat tukar yang dapat di terima oleh semua masyarakat dalam pross pertukaran barang dan jasa .
3. Material :
4. Method : Cara atau jalan yang di tempuh menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan .
5. Machine : Suatu alat yang mendukung terjadinya aktivitas perusahaan .
6. Market : Tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dengan melakukan proses perdagangan .
7. Informasi : Data yang sudah diproses ( Fakta ) .
Untuk menghasilkan :
Goods : Barang atau suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan .
Service : Sesuatu yang di berikan untuk konsumen yang bukan berupa benda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar