Kumpulan Tugas Bisnis Internasional

Kumpulan Tugas Bisnis Internasional

Kamis, 17 November 2011

Bisnis Internasional

Globalisasi adalah pergeseran ke arah ekonomi dunia yang lebih terintegrasi dan mandiri . Ada dua komponen dalam globalisasi :
1. Globalisasi pasar
·         Penggabungan pasar nasional terpisah menjadi pasar global :
1. Selera dan preferensi menyatu ke norma global
2. Perusahaan menawarkan produk-produk standar di seluruh dunia menciptakanpasar dunia
·         Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan
·         Perbedaan-perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran danoperasi dan fitur produk disesuaikan dengan kondisi paling cocokdi suatu negara
·         Negara-negara yang berbeda
·         Berbagai masalah yang lebih luas dan lebih kompleks
·         Intervensi pemerintah dalam perdagangan dan investasi menciptakanmasalah
·         Internasional investasi dipengaruhi oleh mata uang yang berbeda
2. Globalisasi produksi
Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari : Perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi seperti : tenaga kerja, modal, tanah

Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara. Bisnis internasional terdiri dari sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia, biasanya terjadi dalam lingkungan eksternal yang lebih beragam .

Mengapa perusahaan-perusahaan terlibat dalam Bisnis Internasional ?
1.    Untuk memperluas penjualan : penjualan perusahaan adalah tergantung pada dua faktor: kepentingan pelanggan pada produk atau jasa dan kemampuan konsumen dan kemauan untuk membeli mereka
2.     Memperoleh sumber daya : produk, jasa, teknologi, dan informasi .
3.       Diversifikasi sumber penjualan dan persediaan.
4.  Meminimalkan risiko kompetitif : perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif . Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.